Podcasting

Podcasting?? Apa hubungannya ma mancing yah?? Doh… please degh.. hari gene masi ga ngerti soal podcasting. Oh well it's okay, it's not too late to learn anyway. Mungkin sering banget kita denger kata podcast (mungkin juga ini yang pertama) yet we don't know the meaning of it. Kalo kamu buka kamus pun belum tentu artinya ada disana, namun kalo kamu buka Wikipedia baru ada. Kata podcast berasal dari kata ipod dan broadcast. Kurang lebih artinya siaran di ipod gitu. Tau ipod kan? Duh klo ga tau, gimana klo reborn team bikin undian yang berhadiah ipod? (Setuju…)

Podcast adalah file audio baik berupa music maupun sound files yang lain yang dapat di download langsung ke ipod. File-file podcast dapat didengarkan langsung di computer maupun di portable player seperti ipod. File-file podcast berformat MP3. Kalo ada yang mendengarkan tentu ada yang menyiarkan, nah the one who broadcasted the podcast is called podcaster. Kita bisa langganan / subscribe podcast dari iTunes (programnya iPod). Keuntungan dari subscribe podcast adalah kalo sang podcaster update episode baru, maka otomatis iTunes langsung men-download episode tersebut dan saat kita connect our iPod, it will automatically downloaded to our iPod.

Dengan subscribe podcast kita nggak akan pernah ketinggalan episode-episode baru yang di launch oleh penerbitnya. Siaran podcast bias macem-macem. Ada yang pelajaran bahasa Jepang sampe blajar bahasa inggris, ada yang baca buku, ada yang sekedar ngobrol, ada yang isi music bikinannya sendiri, dan ada juga rekaman kotbah. Saya (penulis..) pertama kali subscribe podcast milik Lakewood Church, podcast yang menyiarkan kotbah2 dari Joel Osteen. Podcast tersebut bener-bener membangun my faith. Then I think what if we (JAM – Bethany Church) can be a blessing for other through the same way. Struggling for two consecutive days, I managed to be a podcaster.


Bethany Indonesian Church of God Philadelphia juga punya podcast lho. Di sana akan di update kotbah dari Pdt Lukas Kusuma dan juga pembicara lainnya yang datang di gereja Bethany Indonesia Philadelphia. Bagaimana dong caranya untuk langganan supaya bias dengerin? Here are the steps:


For iTunes or iPod user.

  • Klik disini.
  • iTunes akan terbuka otomatis dan anda bisa melihat page Philly 4 JC.
  • Pilih subscribe.
  • Di menu iTunes anda akan ada pilihan podcast dan hasil download akan disimpan disana.

Bagi yang nggak punya iTunes namun ingin subscribe juga:

  • Download iTunes (Klik di word "iTunes")
  • Ikuti steps selanjutnya diatas

Semoga info ini bisa menjadi berkat for everyone of you. God bless.


PS: Bila anda kesulitan dan butuh bantuan silahkan kirimkan email ke philly4jc@gmail.com ato anda bisa langsung chat dengan kami dengan layanan chatting disamping.

'd'-Reborn Team